logo
pr-logo-head
Kamis, 08/02/2018 17:00
PENULIS : RANDI MULYADI - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Cheddar Man, Manusia Inggris Pertama Ternyata Berkulit Gelap

img6

Cheddar man (Sumber: independent)

Pemimpin penelitian dari Natural History Museum Inggris, Profesor Ian Barnes, mengungkapkan jika nenek moyang Inggris memiliki kulit yang cenderung gelap.

Kesimpulan itu ia ambil dari fosil manusia berusia 10.000 tahun yang ditemukan lebih dari satu abad lalu di Gua Gough, Somerset.

Kerangka komplit manusia Inggris pertama itu diberi nama Cheddar Man.

Berdasarkan penelitian DNA bersama konstruksi wajah, Cheddar Man merupakan pemuda yang memiliki kulit lebih gelap daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Tak hanya itu, Cheddar Man memiliki mata berwarna biru, dengan rambut hitam dan keriting.

Proses penelitian dan pemodelan telah didokumentasikan program Channel 4 The First Brit: Secrets of the 10.000 Year Old Man.

"Bagi saya, bukan hanya warna kulit yang menarik, tapi kombinasi dari fitur yang membuatnya tidak terlihat seperti orang (Inggris) yang Anda lihat hari ini," ujarnya dikutip dari independent.co.uk, Kamis, 8 Februari 2018.

Dr. Selina Brace dan Barnes mengekstraksi data DNA dari bubuk tulang dengan mengebor lubang sedalam 2 mm melalui tulang telinga bagian dalam tengkorak.

Mereka memindai tengkorak tersebut dan sebuah model 3D diproduksi "seniman paleo" Alfons dan Adrie Kennis, yang membuat rekonstruksi mamalia purba dan manusia purba.

Seniman kembar, yang telah menciptakan rekonstruksi untuk museum di seluruh dunia itu menghabiskan waktu tiga bulan mengerjakan Cheddar Man.

"Kami sangat senang karena dia adalah seorang pria dari Zaman Es. Kami sangat tertarik pada jenis manusia seperti apa dia," kata Alfons.

 

#Edukasi #manusia inggris pertama #hiburan

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018