logo
pr-logo-head
Kamis, 03/05/2018 11:14
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : SICA HARUM

Studi: Makan Karbohidrat Terlalu Banyak Berakibat Menopause Lebih Cepat

img6

Ilustrasi makanan karbohidrat (pixabay)

Menopause merupakan suatu proses yang dialami perempuan untuk menandai akhir dari usia produktif. Ternyata, datangnya waktu menopause dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

Seperti dilansir dari Medical News Today, studi dalam Journal of Epidemiology & Community Health menemukan adanya hubungan antara makanan dan masa seseorang mengalami menopause lebih cepat.

Dalam studi itu, peneliti dari School of Food Science and Nutrition di University of Leeds di Inggris, Yashvee Dunneram menemukan bahwa setiap satu porsi karbohidrat (pasta dan nasi) memiliki korelasi dengan risiko menopause lebih cepat satu setengah tahun. 

"Usia pada menopause alami mungkin memiliki implikasi pada hasil kesehatan di masa depan," ujar Dunneram.

Sebaliknya, mengonsumsi ikan dan kacang polong segar setiap harinya bisa memperlambat menopause lebih dari tiga tahun. Kemudian, makan makanan mengandung vitamin B-6 juga dikaitkan dengan perlambatan masa menopause.

Tak hanya itu, peneliti juga membandingkan antara perempuan yang menjalani hidup sebagai vegan dan yang mengonsumsi daging. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi daging rata-rata menunda menopause selama satu tahun.

Adapun hasil penelitian itu berdasarkan data yang tersedia dari Studi Cohort Wanita Inggris.

Studi tersebut telah melakukan survei  terhadap lebih dari 35.000 wanita yang berbasis di Inggris berusia antara 35 dan 69 tahun.

Dari semua perempuan yang disurvei, 914 mengalami menopause secara alami antara usia 40 dan 65 tahun.

Peneliti juga menjelaskan bahwa makanan karbohidrat olahan dianggap sebagai faktor risiko resistensi insulin yang dapat meningkatkan produksi estrogen atau menopause dini.

 

#gaya hidup #hiburan #Hidup Gaya #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN