logo
pr-logo-head
Rabu, 20/06/2018 13:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Studi Anjing Obesitas, Cara Baru Memahami Proses Kegemukan

img6

Penelitian anjing obesitas (Reuters)

Perilaku seekor anjing yang memiliki obesitas dan anjing lain yang memiliki berat badan normal ternyata berbeda.

Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti di Hungaria menyebukan bahwa anjing obesitas lebih 'rakus' dari mereka yang normal.

Dilansir dari Reuters, penelitian yang melibatkan anjing ini dapat dijadikan studi masa depan manusia untuk membantu dan memahami bagaimana kepribadian memengaruhi berat badan.

Dalam studinya, peneliti dari Universitas ELTE Budapest, Hungaria ini mengelompokan anjing menjadi dua yakni anjing obesitas dan anjing dengan berat badan normal.

Kedua kelompok anjing itu kemudian diberi dua jenis makanan yang berisi makanan lezat dan makanan tidak lezat dalam dua mangkuk berbeda.

Saat mangkuk berisi makanan tidak lezat disajikan, peneliti meminta pemilik anjing (baik yang obesitas maupun normal) untuk menunggu hingga mangkuk berisi makanan lezat disajikan.

Hasilnya, anjing dengan berat badan normal tetap menunggu hingga mangkuk kedua disajikan.

Uniknya, anjing dengan obesitas justru menolak menunggu dan langsung melahap makanan tak lezat yang berada di mangkuk pertama.

“Jika suatu situasi tidak pasti dan mereka tidak dapat menemukan makanan, anjing-anjing yang gemuk tidak mau menginvestasikan energi untuk mencari makanan, bagi mereka yang utama adalah menemukan makanan yang tepat dengan sedikit energi yang terlibat.” ujar pemimpin studi Orsolya Torda.

Perilaku itu mungkin paralel dengan orang-orang yang kelebihan berat badan dan juga yang melihat makanan sebagai hadiah.

Meski begitu, studi yang diterbitkan jurnal Royal Society Open Science tidak dapat menyimpulkan apakah hal serupa memiliki kesamaan dengan manusia.

#Edukasi #hobi

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018