logo
pr-logo-head
Rabu, 11/07/2018 15:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Peneliti Temukan Warna Tertua di Dunia Berusia 1,1 Miliar Tahun

img6

Warna tertua (AFP)

Peneliti di Australia sukses menemukan warna biologis tertua di dunia di gurun Sahara.

Pigmen merah muda yang diproduksi oleh organisme mikroskopis sederhana ini disebut cyanobacteria dan berusia lebih dari 1,1 miliar tahun yang lalu.

Warna tersebut menjadi yang tertua di dunia karena berusia 500 juta tahun lebih tua dari penemuan pigmen warna sebelumnya.

Dilansir dari AFP, Peneliti senior Australian National University, Jochen Brocks mengatakan warna tersebut 15 kali lebih tua dari spesies Dinosaurus, Tyrex.

Bumi sendiri berusia sekitar 4,5 miliar tahun dan para peneliti mengatakan penemuan terbaru menjelaskan mengapa kehidupan tumbuhan dan hewan yang lebih canggih hanya muncul 600 juta tahun yang lalu.

"Lautan cyanobacterial mulai menghilang sekitar 650 juta tahun yang lalu, ketika alga mulai menyebar dengan cepat untuk menyediakan ledakan energi yang dibutuhkan untuk evolusi ekosistem yang kompleks, di mana hewan besar, termasuk manusia, dapat berkembang di Bumi," ujar Brocks.

Para ilmuwan menemukan sampel secara tidak sengaja ketika sebuah perusahaan pengeboran minyak di cekungan Taoudeni di Afrika Barat mengirim batu untuk dianalisis.

Pigmen tersebut adalah fosil dari klorofil, bahan kimia yang memungkinkan tanaman dan beberapa bentuk kehidupan mikroskopis untuk mengubah cahaya menjadi energi.

Para peneliti mengatakan pigmen merah muda yang mereka temukan akan muncul berwarna biru kehijauan pada mata manusia.

Penemuan ini dipublikasikan pada hari Selasa dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

#Edukasi

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN