logo
pr-logo-head
Senin, 16/07/2018 14:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Arkeolog Kembali Temukan Mumi Berusia 2000 Tahun Lebih di Mesir

img6

Mumi bertopeng perak (Reuters)

Para arkeolog Mesir-Jerman berhasil menemukan detail penguburan kuno dan mumi 30 meter di bawah tanah dekat areal pemakaman Saqqara, Kairo bagian selatan.

Penemuan itu diperkirakan telah berusia lebih dari 2000 tahun tepatnya pada periode Saite-Persia sekitar 664-404 SM.

Penemuan ini awalnya diungkap pada bulan April tahun ini dan mengandung 35 mumi selain sarkofagus batu.

"Apa yang penemuan ini akan tambahkan adalah dua hal yang sangat penting; yang pertama adalah jenis minyak yang digunakan (dalam mumifikasi), dan susunan kimianya. Jadi kita akan dapat mengidentifikasi jenis minyak yang tepat yang digunakan," ujar pemimpin arkeolog Ramadan Badry Hussein dilansir dari Reuters, Senin 16 Juli 2018.

Penemuan mumi di Saqqara (Reuters)

Ratusan patung batu kecil, guci, dan kapal yang digunakan dalam proses mumifikasi semuanya ditemukan di dalam ruang pemakaman dan digali.

Artefak yang paling signifikan adalah topeng perak, yang merupakan penemuan kedua yang pernah dibuat.

"Objek ini sangat langka, untuk memiliki topeng perak yang disepuh emas, dan seperti yang disebutkan Ramadan sekarang, kami hanya memiliki dua jenis ini, jadi ini adalah penemuan yang sangat bagus," ujar Menteri Barang Antik, Khaled al-Anany.

Tahun ini, para arkeolog telah menggali sejumlah peninggalan yang mencakup sebuah makam berusia 4.400 tahun di dataran tinggi Giza dan sebuah nekropolis kuno di Minya, selatan Kairo.

Mesir berharap deretan penemuan tersebut dapat mencerahkan citra negara di mata internasional serta menghidupkan kembali minat wisatawan khususnya wisata sejarah.

Sebelumnya, Mesir banyak dipilih sebagai destinasi wisata tetapi sayang banyak wisatawan memutuskan menjauh setelah terjadi pemberontakan politik pada 2011.

#hiburan #Edukasi

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018