logo
pr-logo-head
Rabu, 01/08/2018 17:02
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Arkeolog Temukan Pabrik Tembikar Berusia 1.600 Tahun di Israel

img6

(Foto: AFP)

Ahli arkelogi Israel atau Israel Antiquities Authority (IAA) menemukan pabrik tembikar besar yang menghasilkan tempat penyimpanan anggur dari zaman Romawi hingga Bizantium berusia 1.600 tahun.

IAA mengatakan bahwa penggalian di dekat kota Gedera berhasil mengungkap pabrik yang berdekatan dengan kompleks rekreasi dengan 20 kolam pemandian dan sebuah ruangan yang digunakan untuk permainan papan.

Direktur penggalian Ella Nagorsky mengatakan  pabrik tersebut memproduksi tembikar yang dikenal dengan nama "Gaza" selama periode tak terputus selama 600 tahun sejak abad ke-3 Masehi.

sidik jari ditemukan pada potongan-potongan tembikar (AFP)

"Tempat semacam ini tidak dibangun dalam sekejap. Seorang insinyur mengerjakannya. Situs ini sangat dirancang," ujar Ella dikutip dari AFP, Rabu 1 Agustus 2018.

IAA menambahkan bahwa fungsi utama tembikar adalah tempat penyimpanan dan pengiriman anggur, yang merupakan industri lokal yang berkembang pada saat itu, dengan ekspor skala besar.

Di samping pabrik terdapat kompleks permainan dengan fasilitas dua pemandian Bizantium dan 20 kolam renang yang terhubung satu sama lain dengan saluran dan pipa.

Ditemukannya sebuah kompleks permainan itu merupakan penemuan yang langka dan mengejutkan. Didalamnya terdapat papan yang digunakan untuk bermain backgammon dan "mancala", permainan yang masih populer di daerah tersebut.

Pernyataan itu mengatakan tembikar karya Gedera mungkin telah membangun pusat rekreasi bagi karyawan, seperti halnya beberapa perusahaan besar saat ini yang menyediakan fasilitas rekreasi bagi para pekerja mereka.

Dalam kesempatan tersebut, arkeolog juga menemukan sekitar 100 ribu tembikar yang terkubur. Tembikar tersebut disinyalir merupakan hasil buatan pabrik yang gagal melewati proses ekspor dan gagal dijual.

#hiburan #gaya hidup #Hidup Gaya #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018