logo
pr-logo-head
Kamis, 09/08/2018 18:04
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Arkeolog Temukan Anting Berusia 2.000 Tahun Lebih di Yerusalem

img6

Anting kuno (Reuters)

Arkeolog berhasil menemukan anting emas berusia 2000 tahun lebih di dekat lokasi kuil-kuil Yahudi kuno di Yerusalem. Para arkeolog menyebutkan bahwa anting-anting itu memiliki gaya helenis atau cara kehidupan orang Yunani.

Melansir Reuters, anting sepanjang 4 centimeter ini ditemukan selama penggalian di luar Kota Tua yang berdinding Yerusalem.

Penggalian ini dilakukan sekitar 200 meter (meter) di sebelah selatan Temple Mount, yang saat ini menjadi tempat masjid al-Aqsha dan dikenal sebagai Tempat Suci bagi Umat Muslim.

Foto: Reuters

"Ini adalah pertama kalinya seseorang menemukan anting-anting emas dari zaman Helenistik di Yerusalem," ujar Yuval Gadot, seorang profesor arkeologi Universitas Tel Aviv yang terlibat dalam penemuan itu.

Perhiasan sejenis itu telah dipakai oleh pria atau wanita kaya pada saat itu, dan pemiliknya mungkin adalah orang Yunani yang tinggal di Yerusalem.

"Kami menghubungkannya dengan hal-hal lain dan mungkin kami akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Yerusalem - bukan hanya teks tetapi bagaimana orang-orang benar-benar berperilaku di sini," tambah Gadot.

Otoritas Kepurbakalaan Israel mengatakan bahwa kerajinan perhiasan itu konsisten dengan perhiasan dari periode Helenistik awal diantara abad ke 3 atau awal abad ke 2 sebelum masehi.

Benda itu sejatinya ditemukan pada Oktober 2017 namun arkelolog baru mengumumkannya akhir-akhir ini. Hal itu dikarenakan arkeolog perlu mengkaji hasil temuan dan menyusunnya sebelum dipublikasikan.

#hiburan #gaya hidup #Hidup Gaya #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

img1

EDUKASI

Tujuh Makanan Ini Dianggap Sehat, Padahal...

Rabu, 29/11/2017 10:00
img1

EDUKASI

Perbedaan Efek Ganja saat Dimakan dan Dihisap

Jumat, 09/03/2018 08:00
Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018