logo
pr-logo-head
Rabu, 29/11/2017 08:28
PENULIS : RIKKO - EDITOR : RAHMA

Layaknya Manusia, Tujuh Hewan Pintar Ini Juga Miliki Pekerjaan

img6

Ilustrasi (Foto: pixabay.com)

JAKARTA, (PR) - Pekerjaan sangat identik dengan manusia atau teknologi. Perpaduan antara manusia dan teknologi dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Namun, dapatkah Anda bayangkan jika pekerjaan-pekerjaan dilakukan oleh hewan? Selain manusia, ternyata ada beberapa jenis hewan pintar yang juga memiliki pekerjaan.

Dilansir dari britannica, berikut adalah tujuh hewan yang juga memiliki pekerjaan seperti manusia.

1. Lumba-lumba
Dengan kecerdasannya, lumba-lumba telah didaftarkan oleh militer untuk melakukan berbagai pekerjaan, salah satunya mendeteksi ranjau bawah air. Bahkan, militer Rusia mendaftarkan lumba-lumba sebagai pasukan khusus untuk mengintai dan mempertahankan kapal perang.

2. Tikus Raksasa Afrika
Tikus ini sering dipekerjakan sebagai detektor ranjau yang ada di daratan. Tikus ini mampu menutupi tanah lebih baik dari manusia guna menghalau ranjau. Butuh sekitar sembilan guna melatih tikus ini menjadi seekor pekerja profesional.

3. Anjing
Hewan ini terkenal cerdas dan memiliki indra penciuman yang tinggi. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan yakni mendeteksi bom, obat-obatan, bahkan mampu mengingatkan pemilik akan serangan epilepsi. Beberapa negara termasuk Indonesia juga memperkerjakan hewan ini sebagai anjing pelacak.

4. Burung Kenari
Burung bersuara merdu ini bisa diperkerjakan di tambang batubara. Pada awal abad 20, John Scott Haldane mencatat bahwa gas beracun sering menjadi penyebab kematian para penambang dan kenari adalah solusinya.

Burung mungil ini menunjukkan efek karbonmonoksida yang cukup awal sehingga para penambang memiliki waktu untuk mencapai keamanan. Praktik membawa burung kenari ke tambang batu bara berlanjut sampai tahun 1980an.

5. Kuda mini
Hewan pintar ini sering dijadikan sebagai media terapi berbasis hewan. Bagi pasien yang memiliki gangguan kondisi kesehatan mental ataupun fisik, seorang terapis dengan hewan piaraan akan terlihat lebih menenangkan.

6. Monyet
Hewan-hewan ini dapat dilatih untuk melakukan berbagai tugas sehari-hari, menghidupkan dan mematikan peralatan, mengambil barang yang terjatuh, memutar telepon, dan bahkan menggaruk gatal.

7. Kucing
Dengan nalurinya, kucing mampu memburu tikus yang bersembunyi sekalipun. Karena alasan itu, seekor kucing diangkat menjadi pemburu tikus di Kediaman Perdana Menteri Inggris. Pada tahun 2015, kucing bernama Larry berhasil memegang jabatan penting itu.

#hewan punya pekerjaan

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018