logo
pr-logo-head
Rabu, 03/01/2018 11:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Populer, Galang Dana Online di Indonesia Capai Rp193 Miliar Setahun

img6

Anak-anak di Pulau Salura, Nusa Tenggara Timur (Dok. Kitabisa)

Crowfunding atau penggalangan dana secara online mulai populer bagi masyarakat Indonesia.

Laman penggalangan dana online kitabisa.com menunjukan bahwa ada peningkatan jumlah kampanye dan juga nominal dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data Kitabisa.com, sebanyak 12 ribu kampanye galang dana dibuat sepanjang tahun 2017.

Angka tersebut meningkat tiga kali lipat dari tahun 2016.

Total uang terkumpul selama tahun 2017 mencapai Rp193 miliar lebih yang berasal dari para donatur yang berjumlah 500 ribu orang.

Bantuan yang disalurkan (Dok.Kitabisa)

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, tren di tahun 2017 ini menunjukkan bahwa galang dana online menjadi salah satu cara untuk memperjuangkan harapan.

"Dari ratusan orang tua yang berjuang menggalang dana untuk kesembuhan anaknya, Driver Ojek Online yang membantu kakek yang ia temui di jalan, hingga ribuan netizen Indonesia yang mendukung mimpi Eyang Habibie untuk membangun pesawat sendiri," ujar Alfatih dalam keterangan persnya Rabu, 3 Januari 2018.

Mayoritas penggalangan dana dilakukan untuk membantu keluarga / teman yang sakit adalah yang paling populer, yaitu 24% dari total seluruh donasi, diikuti oleh isu kemanusiaan (16%), dan Rumah Ibadah (10%).

Meski begitu, kepopuleran penggalangan dana online tidak lepas dari banyak influencers atau tokoh publik yang berpartisipasi lewat kitabisa.com.

Sebut saja Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Raisa, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Chicco Jerikho dan sebagian artis lainnya.

Beberapa penggalangan dana juga sempat menjadi viral seperti biaya pengobatan Adam Fabumi dengan donasi terkumpul Rp574 juta, ajakan Ridwan Kamil untuk membantu Rohingya (Rp4,3 Miliar), dan juga patungan Pesawat R80 karya BJ Habibie (Rp7,4 Miliar).

#Edukasi #gaya hidup #hiburan #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018