logo
pr-logo-head
Selasa, 30/01/2018 11:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Keren! Bangladesh Bangun Taman 'Peredam Amarah' Senilai Rp93,5 Miliar

img6

Kota Dhaka (Sumber: AFP)

Ibu kota Bangladesh, Dhaka terkenal dengan kondisi lalu lintas yang buruk.

Kemacetan yang 'menyiksa' hingga lima jam sehari, polusi udara, serta suara klakson hingga kekacauan di musim hujan menjadi cerita sehari-hari di negara tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah kota akan membangun 'taman pengendalian amarah' guna meredakan stres harian yang dialami 15 juta warga.

"Ide semacam itu sudah lama dilupakan. Kehidupan kota bisa menimbulkan stres berat. Penduduk kota dengan mudah mengalami kegelisahan," kata Wali Kota Dhaka bagian selatan Sayeed Khokon kepada AFP.

Rencananya, taman yang dibangun dengan anggaran US$7 juta atau setara Rp93,4 miliar ini akan diberi nama Goswa Nibaroni Park.

Taman seluas 15 hektare ini akan mengambil lokasi di dekat kantor pemerintahan setempat.

Konsepnya berasal dari tradisi kuno Bangladesh, tempat desa-desa memiliki "gubuk kemarahan" di tepi sungai terdekat untuk menenangkan orang-orang yang marah.

The Goswa Nibaroni (manajemen kemarahan) Park diperkirakan akan memakan waktu 12-14 bulan untuk menyelesaikan dan akan menampilkan danau, sudut kudapan, musik santai dan televisi layar raksasa.

"Kalau Anda bertengkar dengan istri Anda, Anda bisa pergi ke taman ini dan bersantai," ujar Khokon.

Seperti diketahui, Dhaka merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan paling pesat di dunia.

Dulunya, kota ini berisi pepohonan dan berubah menjadi pusat perekonomian serta masuk dalam satu kota dengan udara paling tercemar di dunia.

Untuk itu, pembangunan taman ini akan menjadi tempat penghijauan baru di kota tersebut.

Meski begitu, banyak pihak yang memandang negatih terkait pembangunan taman itu.

Salah satunya, taman baru itu akan bernasib sama dengan ruang terbuka hijau lain di Dhaka, yang menjadi tempat nongkrong penjahat, pekerja seks dan pengedar narkoba.

 

#gaya hidup #hiburan #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN