logo
pr-logo-head
Selasa, 22/05/2018 19:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Sony Akuisisi EMI Music Senilai Rp32,4 Triliun

img6

CEO Sony Yoshida (Reuters)

Perusahaan raksasa Sony Corp mengakuisisi EMI Music Publishing dengan biaya sebesar US$2,3 miliar atau setara Rp32,4 triliun.

Adanya akuisisi tersebut menjadikan Sony sebagai publisher terbesar dalam industri musik dunia.

Akuisisi ini juga memberikan Sony 2 juta katalog lagu dari berbagai artis terkenal seperti Kanye West, Sam Smith dan Sia.

Kemudian, kesepakatan ini berusaha memanfaatkan pertumbuhan dalam layanan streaming musik yang dihadirkan oleh Spotify dan Apple Music.

"Investasi ini dalam kekayaan intelektual konten adalah batu loncatan kunci untuk pertumbuhan jangka panjang kami," kata CEO Sony Kenichiro Yoshida dilansir dari Reuters, Rabu, 23 Mei 2018.

EMI sendiri merupakan salah satu label rekaman ternama di dunia musik yang bersaing dengan Universal, Warner Music dan Sony tentunya.

EMI merupakan label rekaman musik terbesar kedua berdasarkan pendapatan dan memiliki atau mengelola sekitar dua juta lagu, termasuk lagu klasik oleh orang-orang seperti Queen, Sam Smith dan Pharrell Williams.

Sementara Sony, sudah memiliki 2,3 juta hak cipta termasuk katalog Beatles, serta menjadi pemain besar di bidang TI, komunikasi, film dan gim.

Berdasarkan kesepakatan itu, Sony, yang sudah menjalankan EMI Music Publishing, akan mengangkat kepemilikannya menjadi sekitar 90 persen dari 30 persen saat ini dengan membeli holding Perusahaan Investasi Mubadala.

"Kami sangat senang untuk membawa EMI Music Publishing ke keluarga Sony dan mempertahankan posisi nomor satu kami di industri penerbitan musik," kata Yoshida dalam pernyataan sebelumnya.

#hiburan #musik #tekno

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN