logo
pr-logo-head
Kamis, 09/08/2018 11:03
PENULIS : RANDI MULYADI

Film Dokumenter Indonesia Curi Perhatian di Forum Internasional

img6

Sampul film Kresek Jurnal (docsbythesea.org)

Film-film dokumenter Indonesia banyak mencuri perhatian ketika berhasil masuk Docs By the Sea 2018.

Docs By The Sea merupakan forum global yang menghubungkan para pembuat film dokumenter Indonesia dan Asia Tenggara dengan industri dan investor film internasional.

Prgoram Director In-Docs, Amelia Hapsari, menyebutkan, sebanyak 21 film dokumenter Indonesia masuk dari total 31 proyek yang ada.

Menurut Amel, film-film yang masuk forum tahun ini sangatlah urgent, berkaitan dengan situasi dan kontisi politis serta sosial Asia Tenggara.

"Kita menjadi ruang aman dan sportif untuk mereka mengutarakan suara di tengah keadaan politik negaranya," ujarnya.

Seperti diberitakan Antara, sebanyak 31 film yang telah terseleksi akan dipresentasikan pada 35 lembaga donor, jaringan televisi, distributor, dan platform-platform dunia yang membutuhkan film dokumenter.

Beberapa institusi yang datang adalah Tribeca Film Institute (Amerika), Guardian (Inggris), Al-Jazeera (Qatar), SBS (Australia), Ideosource (Indonesia), POV (Amerika), Visions du Reél (Swiss), Dok Leipzig (Jerman), Asian Network for Documentary (Korea Selatan), NHK (Jepang), dan Channel News Asia (Singapura).

Mereka diharapkan dapat menemukan film-film dari Asia Tenggara untuk memperkaya dan mendiversifikasi tayangan dokumenter di platform mereka dengan talenta-talenta dan perspektif yang baru.

Beberapa film dokumenter Indonesia yang menarik perhatian di antaranya, "Help is on the way?" tentang training TKI, "The Flame" tentang pembakaran hutan, "Philosophy Gang: Your Fantasy Right Here!" tentang Harry Roesli, dan kisah dua remaja tunanetra "How Far I'll Go".

Perlu diketahui, forum internasional ini berlangsung di Bali pada 2 hingga 9 Agustus.

#hiburan #hobi

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018