logo
pr-logo-head
Minggu, 08/07/2018 19:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Awas, Polusi Udara Bisa Sebabkan Jutaan Kasus Penyakit Ginjal

img6

Ilustrasi polusi udara (Pixabay)

Banyaknya kendaraan yang melintas di kota akan menimbulkan polusi udara.

Parahnya, polusi udara bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Dilansir dari Xinhua, sebuah studi menyebutkan bahwa banyak jumlah kasus penyakit ginjal kronis global yang disebabkan oleh polusi udara.

Studi yang diterbitkan American Society of Nephrology Kidney Week tahun lalu menunjukkan lebih dari 10 juta kasus ginjal disebabkan polusi udara setiap tahunnya.

Para peneliti dari Clinical Epidemiology Center di Virginia Saint Louis Health Care System sebelumnya menggambarkan hubungan antara peningkatan gangguan partikel halus dan risiko perkembangan penyakit ginjal kronis (Chronic Kidney Disease/CKD).

Periset menggunakan metodologi studi Beban Penyakit Global dalam riset terkini untuk memperkirakan beban penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.

Hasil dari studi tersebut menunjukkan bahwa bebannya sangat beragam berdasarkan geografi, dengan nilai yang lebih tinggi terlihat di Amerika Tengah serta Asia Selatan.

"Polusi udara mungkin setidaknya menjelaskan peningkatan kejadian CKD dengan asal yang tak diketahui di banyak wilayah di seluruh dunia. Dan kenaikan Mesoamerican nephropathy di Meksiko dan Amerika Tengah," ujar Benjamin Bowe selaku pemimpin penelitian.

#kesehatan

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

img1

KESEHATAN

Tidak Makan Malam, Bisa Turunkan Berat Badan?

Selasa, 13/03/2018 17:30
img1

KESEHATAN

Manfaat Hebat Pijat Telinga dengan Jepitan Baju

Selasa, 26/12/2017 09:00