logo
pr-logo-head
Senin, 09/07/2018 12:00
PENULIS : RANDI MULYADI - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Tingkatkan Kesehatan, Ilmuwan AS Bakal Modifikasi Gen Tubuh

img6

Ilustrasi gen tubuh (Sumber: sciencemag.org)

Perkembangan teknologi yang semakin canggih terus dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, termasuk pada kesehatan tubuh.

Seperti yang dilakukan Agensi pengembang teknologi baru militer Amerika Serikat, Defense Avanced Research Project Agency (DARPA), mereka berencana menyetel gen tubuh untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Penyetelan gen ini akan melindungi manusia dari berbagai penyakit yang ada.

Kemudian, mereka juga menerapkan inovasi tersebut dengan sistem on-off, atau bisa digunakan ketika membutuhkan dan dimatikan saat tidak dibutuhkan.

Berdasarkan keterangan DARPA yang dikutip dari livescience.com, inovasi ini bertujuan untuk memaksimalkan sistem imun dalam tubuh.

Sebab menurut DARPA, beberapa tubuh manusia masih saja terkena penyakit meskipun sistem imunnya sudah ada dalam DNA.

Untuk menjalankan proyek tersebut, DARPA membentuk tim Preemptive Expression of Protective Alleles and Response Elements (Prepare).

Manager Prepare, Renee Wergrzyn, mengatakan, timnya akan mempelajari bagaimana sistem imun bekerja dan kemudian mendorongnya melawan penyakit.

"Dorongan ini hanya sementara, tanpa harus mengubah gen," ujarnya.

Wegrzyn mengungkapkan, tekniknya itu menargetkan epigenom atau sistem yang mengontrol ekspresi gen.

Dengan begitu, gen dapat dapat diaktifkan atau dimatikan dengan cara membuat modifikasi eksternal pada DNA.

Sebagai permulaan, Prepare fokus pada gangguan kesehatan seperti, infeksi virus influenza, overdosis opioid, keracunan organofosfat (dari bahan kimia dalam pestisida), dan paparan radiasi gamma.

Demi melancarkan proyek ini, Prepare bekerja sama dengan ahli biotika untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi masalah etika, hukum, dan kemasyarakatan yang mungkin disebabkan teknologi ini.

#kesehatan #tekno

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN