logo
pr-logo-head
Senin, 30/04/2018 18:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : YUDHO RAHARJO

Bernama "'Yellow Fever', Restoran di AS Tuai Kecaman

img6

Restoran yang menuai rasis (Twitter/365bywholefoods)

Sebuah jaringan supermarket milik Amazon, Whole Foods Market menuai kontroversi di media sosial setelah mengumumkan nama gerai restoran terbarunya.

Restoran bernuansa Asia yang baru dibuka di 365 store, Long Beach, California itu diberi nama 'Yellow Fever' yang bernuansa rasis.

Dilansir dari Reuters, Yellow Fever atau demam kuning adalah istilah slang ketertarikan seksual pria kulit putih kepada perempuan Asia yang populer disebut 'Benua Kuning'.

Tak hanya rasis, nama Yellow Fever juga seperti nama virus nyamuk yang menyebabkan penyakit hati yang parah dan penyakit kuning. Uniknya, nama berbau rasis tersebut justru dijadikan nama restoran yang menghidangkan masakan Asia.

Pengumuman pembukaan restoran itu dilakukan melalui akun twitter pada pekan lalu melalui akun twitter @365byWholeFoods.

Sontak, hal tersebut menuai kecaman beberapa warganet di Twitter. Melansir laman Shanghaiist, Netizen langsung menangkap tweet itu, menyebutnya 'rasis' dan 'beracun'.

"Sebuah resto 'mangkuk' Asia yang disebut YELLOW FEVER di tengah Whole Foods paling putih - apakah ini mengambil kembali citra rasis atau pikiran terjajah?" Cuit Profesor dan penulis Universitas Columbia, Marie Myung-Ok Lee.

"Ini menakjubkan dalam kesenyapannya," tulis pengguna Sarah Storm.

"Tidak hanya rasis, tapi saya tidak mungkin membeli makanan yang dinamai penyakit." cuit akun Docrailgun.

Dimiliki orang Asia

Namun, restoran ini tidak seutuhnya dimiliki Whole Foods Market. Restoran dijalankan perempuan keturunan Asia-Amerika bernama Kelly Kim.

Dalam sebuah kesempatan, Kelly menyadari pemilihan nama 'Yellow Fever' akan menjadi perhatian dan menuai kontroversi.

"Yellow Fever merayakan semua hal Asia: makanan, budaya, dan orang-orang dan menu kami mencerminkan bahwa menampilkan masakan dari Korea, Jepang, China, Vietnam, Thailand, dan Hawaii," kata Kelly Kim,

#gaya hidup #hiburan #Hidup Gaya #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN