logo
pr-logo-head
Selasa, 31/07/2018 13:02
PENULIS : RANDI MULYADI

Meski Sepele, Membekukan Es Krim Cair Ternyata Dapat Membunuh

img6

Ilustrasi es krim (pixabay)

Beberapa makanan bisa menjadi racun bagi tubuh dan sangat membahayakan. Biasanya, daging dan makanan anggang selalu dikaitkan dengan hal ini.

Sayangnya, ada kabar buruk bagi pecinta es krim. Cemilan yang dihidangkan sebagai penutup itu dapat mengandung bakteri yang berbahaya.

Melansir laman independent.co.uk, pada 2015, lima orang dirawat di rumah sakit dan tiga meninggal setelah makan es krim yang telah terkontaminasi listeria, di Topeka, Kansas.

Listeria merupakan bakteri yang berkembang dalam suhu panas dan membuat makanan jadi beracun.

Dalam kasus ini, listeria membentuk koloni (cfu) 10 per gram. Sebenarnya, angka itu masih sangat aman jika dibanding dengan standar makanan penutup di Inggris yang mencapai 100 cfu per gram.

Hanya saja, para dokter menganggap adanya bakteri E Coli yang telah bercampur dengan es krim sebelumnya.

Bakteri-bakteri tersebut hadir dalam es krim ketika seseorang membekukannya kembali pada freezer. Lalu, ia akan memakannya kembali. Terlebih lagi, saat ia kembali menyimpannya di freezer.

Es krim yang mencair merupakan sarang yang sempurna bagi bakteri seperti listeria dan E Coli. Apalagi, sendok yang digunakan tetap yang sama dari sebelumnya.

Meski kasus ini sangat langka terjadi, tapi sebaiknya berhati-hati dengan makanan tersebut. Anda sebaiknya langsung menghabiskannya dalam sekali makan.

#kesehatan #Kuliner

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018