logo
pr-logo-head
Kamis, 18/01/2018 07:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : SICA HARUM

Studi : Menyusui Enam Bulan Efektif Kurangi Risiko Diabetes

img6

Ilustrasi menyusui (Foto: Knoxcounty.org)

Studi terbaru membuktikan bahwa ibu yang menyusui bayi selama enam bulan atau lebih mampu mengurangi separuh risiko diabetes.

Studi tersebut dilakukan setelah melalui penelitian selama tiga dasawarsa terhadap 1200 perempuan Afrika dan Amerika. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) Internal Medicine.

"Kami menemukan hubungan antara durasi menyusui dan risiko diabetes yang lebih rendah," ujar Erica Gunerson seorang ilmuwan sekaligus penulis utama penelitian tersebut kepada AFP.

Studi tersebut menunjukan, wanita yang menyusui selama enam bulan atau lebih memiliki 47 persen penurunan risiko terkena diabetes tipe 2, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menyusui sama sekali.

Kemudian, untuk wanita yang menyusui selama enam bulan atau kurang, ada 25 persen penurunan risiko diabetes.

Peneliti juga memperkirakan, menyusui dapat melepaskan efek perlindungan melalui hormon yang bekerja di pankreas, serta mengendalikan kadar insulin dalam darah dan gula darah.

"Kejadian diabetes menurun secara gradual seiring dengan durasi menyusui, terlepas dari ras, diabetes gestasional, perilaku gaya hidup, ukuran tubuh, dan faktor risiko metabolik lainnya yang diukur sebelum kehamilan," ujar Gunderson.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa menyusui memiliki manfaat jangka panjang lainnya untuk wanita termasuk mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium yang lebih rendah.

#gaya hidup #hiburan #Hidup Gaya #kesehatan #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250
avatar
Ask The Expert

Mengenal Ghorayeba, Sajian Kue Lebaran Khas Negeri Firaun

Kue ini sering disebut juga sebagai biskuit pasir yang masuk dalam kategori kue kering.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Jumat, 15/06/2018