logo
pr-logo-head
Senin, 09/04/2018 13:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Survei: Kecanduan Perangkat Digital Bisa Timbulkan Konflik bagi Pasangan

img6

Ilustrasi media sosial (Sumber: pexels)

Hadirnya teknologi canggih dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Tak hanya di bidang pekerjaan, perkembangan teknologi khususnya bidang digital dapat mempermudah komunikasi dengan kerabat hingga pasangan sekali pun.

Meski begitu, ada juga beberapa dampak negatif dari komunikasi menggunakan perangkat digital untuk pasangan.

Sebuah survei terbaru menyebutkan, dapat menimbulkan cekcok dengan pasangan.

Dilansir dari Antara, Senin 9 April 2018, berdasarkan hasil studi terbaru Kaspersky Lab, komunikasi pasangan lewat digital memiliki dampak positif dan negatif.

Sebanyak 8 dari 10 pasangan berusaha terhubung secara online dengan pasangan mereka ketika mereka terpisah atau berjauhan satu sama lain.

Ilustrasi (Pexels)

62 persen pasangan juga setuju bahwa berkomunikasi dengan perangkat digital mampu membuat mereka lebih dekat dengan pasangan terlebih bagi mereka yang menjalani Long Distance Relatiohship atau LDR.

Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan perangkat juga dapat menyebabkan argumen antara pasangan tentang berbagai masalah yang terkait perangkat digital seperti penggunaan berlebihan dan keamanan siber.

Data menyebutkan, 51 persen pasangan mengungkapkan tentang penggunaan perangkat pada waktu makan atau saat percakapan tatap muka dengan pasangan.

Kemudian, 55 persen orang berdebat dengan pasangan mereka karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk perangkat atau kecanduan terhadap digital, di mana angka ini lebih tinggi (58 persen) pada pasangan yang tinggal bersama, dibandingkan dengan 49 persen dari mereka yang berpacaran tetapi hidup terpisah.

Angka tersebut menunjukan bahwa orang-orang tidak suka merasa diabaikan dan ingin perhatian pasangannya tertuju pada mereka ketika mereka bersama.

Selain penggunaan perangkat yang berlebihan, akses ke perangkat juga merupakan sumber gesekan dalam hubungan.

Seperempat (25 persen) pasangan berpendapat tentang giliran siapa yang menggunakan perangkat, sementara lupa untuk mengisi baterai (45 persen) dan kehilangan perangkat (28 persen) juga menyebabkan perselisihan di antara pasangan.

Untuk itulah penggunaan perangkat digital harus disikapi dengan bijak karena hubungan modern perangkat dapat menjadi teman dan juga musuh.

#hiburan #lifestyle #tekno #pasangan kekasih

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018