logo
pr-logo-head
Jumat, 11/05/2018 12:00
PENULIS : RANDI MULYADI - EDITOR : YUDHO RAHARJO

Gunakan Kecerdasan Buatan, Microsoft Word Gantikan Peran Editor

img6

Ilustrasi microsoft word (lifehack.org)

Microsoft menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) pada Microfost Word dan Office 365.

Penggunaan teknologi ini diharapkan permasalahan tata bahasa ketika menulis bisa teratasi, sehingga semua orang bisa menulis dengan baik.

Pada versi sebelumnya, Microsoft juga menggunakan autocorrect untuk memperbaiki tulisan. Hanya saja, tidak secanggih menggunakan AI.

"Beberapa orang di berbagai daerah memiliki bahasa yang rumit," ujar Wakil Presiden Windows Developer Platform Microsoft, Kevin Gallo.

Melansir laman digitaltrends.com, pembaharuan ini datang karena masalah puterinya, Anna, yang kesulitan dalam tata bahasa dan menganggap tulisannya tidak akan pernah bagus.

Gallo pun menunjukkan bagaimana AI dan ML bisa dengan cepat menemukan kesalahan kecil, dalam hal ini tata bahasa dalam penulisan Bahasa Inggris, di Microsoft Word.

Dalam demonya, ia memperlihatkan tulisan pada versi Word lama dan baru. Pada versi lama, tak terdeteksi ada kesalahan tata bahasa. Sementara itu, pada tulisan di Word yang dilengkapi kedua teknologi itu, muncul penanda kesalahan tata bahasa.

"Kami telah melatih pengecek tata bahasa dan sekarang ini bisa menyarankan koreksi sehingga saya bisa segera memperbaikinya," ujar Gallo.

#tekno

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018