logo
pr-logo-head
Selasa, 07/08/2018 14:00
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Google Rilis Sistem Operasi Android Terbaru, Ini Kelebihannya

img6

Android Google (Reuters)

Google secara resmi meluncurkan sistem operasi Andorid terbaru versi kesembilan.

Perangkat terbaru ini diberi nama Android 9 Pie yang akan tersedia untuk diunduh di perangkat Pixel.

BACA JUGA: Membekukan Es Krim Cair Ternyata bisa Membunuh

Melansir GSM Arena, perangkat dari OEM yang merupakan bagian dari program beta dengan Google akan mendapatkan pembaruan Android Pie sebelum akhir musim gugur tahun ini.

Android Pie merupakan penerus dari sistem operasi sebelumnya, Android Oreo.

Pembaruan ini memperkenalkan beberapa fitur baru terutama seputar penggunaan pembelajaran mesin untuk membuat ponsel lebih pintar.

Salah satu fiturnya adalah Adaptive Battery, yang dapat menghitung aplikasi mana yang kurang Anda gunakan dan memangkas daya aplikasi tersebut untuk membuat baterai tahan lama.

Penggunaan lain dari pembelajaran mesin adalah untuk membuat tugas-tugas yang sering dilakukan lebih cepat.

Slices adalah fitur baru tempat aplikasi-aplikasi dapat memasukkan dirinya ke dalam pencarian Anda, sehingga Anda dapat melakukan tugas lebih cepat.

Misalnya, jika Anda mencari Lyft di aplikasi Google, Lyft akan menampilkan Slice dengan opsi Rumah atau Kantor, dan Anda dapat memilih salah satunya sebagai cara cepat untuk memesan taksi ke lokasi tersebut.

Slices (Foto: Google)

Kemudian, adanya fitur Adaptive Brightness yang akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan lokasi sekitar.

Android Pie juga memperkenalkan navigasi sistem baru.

Tiga tombol di bagian bawah sekarang digantikan oleh dua tombol dengan mode Overview, yang dapat dilakukan hanya dengan menggesek dari bawah ke atas di aplikasi apa pun.

Pengguna juga dapat berinteraksi dengan konten jendela Overview tanpa harus beralih, termasuk menyalin teks dan menempelkannya menggunakan fitur Smart Text Selection yang diperbarui.

Tidak hanya itu, Notifikasi juga telah diperbarui, dengan ikon lingkaran baru dan preview diperluas untuk pesan dengan opsi smart reply.

BACA JUGA: Penyimpanan Cloud Google Capai 1 Miliar Pengguna

Beberapa fitur andalannya yakni App Timers untuk mencegah aplikasi yang berlebihan dan juga Wind Down yang menghidupkan Night Light dan Do Not Disturb, dan mengubah layar menjadi abu-abu, sehingga Anda tidak menggunakan ponsel secara berlebihan sebelum tidur.

Fitur canggih tersebut sudah bisa diunduh di ponsel Pixel dengan mendaftar untuk beta, dan ponsel lain akan menyusul di waktu yang akan datang.

#tekno

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN

Menuju Smart Government Bersama Pikiran Rakyat_300x250

MOST READ

avatar
Ask The Expert

Wine Biru 'Vindigo', Idola Baru di Negara Prancis

Sebotol wine biru yang dilabeli Vindigo ini dijual seharga 12 Euro atau setara Rp199 ribuan.

RIKKO RAMADHANA PUTRA
Senin, 13/08/2018