logo
pr-logo-head
Selasa, 17/04/2018 12:30
PENULIS : ALESSHINTA GESTIRA - EDITOR : RAHMA PRATIWI

Ini Rahasia di Balik Kode Penerbangan Anda

img6

Ilustrasi (Pixabay)

Dari saat Anda tiba di bandara sampai Anda mengambil barang-barang di ujung gate lainnya, nomor penerbangan akan memandu Anda dalam setiap langkah.

Namaun, pernahkah Anda bertanya-tanya apa arti dari huruf dan angka ini?

Ada banyak informasi yang disembunyikan di kode penerbangan, dari arah yang dituju pesawat Anda hingga seberapa penting rute itu dalam maskapai penerbangan yang Anda tumpangi.

Huruf

Seperti yang sudah Anda ketahui, dua huruf di awal kode penerbangan menunjukkan maskapai penerbangan Anda.

Kode dua huruf ini dikeluarkan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), asosiasi perdagangan untuk maskapai internasional. 

Dan tentu saja, tidak ada maskapai yang memiliki kode yang sama.

Banyak kode yang mungkin masih masuk akal jika dipikirkan.

Seperti QF adalah Qantas, VA adalah Virgin Australia, Virgin Atlantic menggunakan VS, JQ adalah Jetstar Australia, AA adalah American Airlines, BA adalah British Airways, NZ adalah Air New Zealand.

Ada pula yang sedikit kurang jelas, seperti WN, yang merupakan kode untuk Southwest Airlines, dan AY, yang digunakan oleh Finnair.

Angka-angka

Angka-angka itu mengungkapkan lebih banyak informasi, di antaranya yaitu sebagai permulaan, semakin rendah jumlahnya, semakin bergengsi rute tersebut, seperti layanan Sydney-London Qantas, QF1.

"Maskapai penerbangan sering memberikan nomor yang lebih rendah pada rute jarak jauh mereka yang lebih bergengsi," ujar pilot Patrick Smith mengatakan kepada News.com.au.

Jika ada penerbangan 001 dalam jadwal penerbangan, itu adalah penerbangan dari London-Sydney atau Paris-New York.

Juga penting apakah penerbangan Anda memiliki nomor ganjil atau genap. 

#Traveling #Edukasi

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN