logo
pr-logo-head
Senin, 07/05/2018 09:14
PENULIS : RIKKO RAMADHANA PUTRA - EDITOR : SICA HARUM

Menengok Air Terjun Ilusi Sinar Lampu di Tokyo

img6

Perempuan berada di salah satu ruangan (AFP)

Tokyo menggelar pameran seni digital yang menggabungkan proyeksi gambar dan suara di Mori Building Digital Museum Seni.

Salah satu panorama yakni air terjun mengalir di dinding sebuah ruangan dan di seberang lantai, tetapi alirannya adalah ilusi lampu semata.

Dilansir dari AFP, air terjun yang dipenuhi bunga adalah karya tim kolektif Jepang bernama teamLab, yang dikenal secara internasional untuk seni digital inovatif  yang menggabungkan proyeksi suara, dan ruang untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan.

Di sudut ruangan lain disulap  menjadi lahan pedesaan yang dipenuhi lampu gantung tak berujung. Saat dilihat dari dekat, tampak cahaya bergerak dari satu lampu ke lampu lainnya di sekitar ruangan.

"Kami telah menciptakan dunia tanpa batas yang terdiri dari karya seni yang bergerak sendiri, berkomunikasi satu sama lain dan bercampur sempurna dengan yang lain,"ujar pendiri co-founder teamLab, Toshiyuki Inoko.

Guna menciptakan karya indah ini, teamLab memerlukan 520 komputer dan 470 proyektor, tetapi kunci sebenarnya adalah sekumpulan algoritma canggih yang menghasilkan gambar dalam waktu nyata.

Meski tidak diketahui berapa biaya yang dibutuhkan, memasang instalasi digital seni lampu ini bisa menghabiskan sekitar US$1-2 juta atau Rp13-26 miliar.

Rencananya, museum ini akan dibuka untuk publik pada 21 Juni 2018 dengan biaya 3200 Yen atau setara Rp407 ribu.

Penasaran? Simak beberapa fotonya berikut ini

1. Potret hijau dalam salah satu sudut ruangan

Foto: AFP

2. Warna lampu yang membentuk suatu objek

Foto: AFP

3. Kumpulan lampu gantung tak berujung

Foto: AFP

 

#gaya hidup #hiburan #Hidup Gaya #lifestyle

KOMENTAR

ARTIKEL LAIN